Saturday, June 05, 2004

me, one day...

Pagi ini dimulai dengan kepastian utk moving rig.
Dilanjutkan dgn tel-con dgn jkt dan kaji bersama opSupt gua serta bbrp engineer.
Inpeksi lapangan hari ini diputuskan ke sd1 utk checking killing well di sana. Ternyata pada berat fluida 9.4-ppg dgn pump rate 4.5-bpm well mengalami loss stlh kita observasi 0.5-hrs. Wah wah.
Tp stlh kita mencoba utk menurunkan pump rate menjadi 1.7-bpm eh well nya mengalami kick. Huh jd bgaimana inih? Dasar toolpusher dodol! Di program yg kita desain mah namanya kill well pump rate nya yg ada jg antara 1 - 2 bpm. Sekolah dmn sih dulunya dia? Jadinya malah injectivity. Untung blm mixing hi-vis.
Trus diinstruksikan utk naikin berat killing fluid-nya sampe dgn 9.6-ppg.
Oke, kita pergi mkn siang. Trus balik ke kntr.
Pas di kntr ada org dari wellhead company yg mau meriksa well head yg master valve-nya dol(alias muter2 sampe tua jg gak berhenti).
Gw anter utk checking. Bener terbukti dol. Eh dia nya malah bilang hrsnya company gw pasang dua master valve biar aman. Yee..bodo' itu mah. Yang penting knp master valve yg barusan aja dipasang bbrp minggu lalu bs dol kyk ginih? Company sayah bs klaim lho ke perusahaan sampeyan. Wah, gak bs, katanya.
Oke, klo gitu gmn nih caranya. Klo gak ktemu solusinya saya bs rekomendasikan utk gak pake produk bpk lg lho. Eh, baru dia diem. Trus dia bilang, mngkn pin-nya putus krn ada dorongan gas dari bwh(maklum utk sumur ini FWHP-nya 1,300-psi!).
Oh ya? kt gw. Di sumur satu lagi, low influx dan SITP-nya 0-psi master valve nya jg dol gitu. Dia diem lagi.
Singkatnya,gw anterin dia ke sumur satunya. Dan pas gw demonstraikan bhw valve-nya dol..eh taunya bs berfungsi. Huaa...malunya guah. Bpk2 itu sih cm mesem2 doang ngatain gua. Tp gak kehilangan wibawa dong gw, 'ya ud pak, trus yg td gmn? Pokoknya hrs diinvestigasi lho'
Hehehe djayus abis.
Trus gw balik lg ke sd1 gara2 mobil gw sempet load caustic soda, jd sekalian dianter ke sana dulu.
En ternyata mixing-nya baru 9.5-ppg. Wuaduh udah jam 17.30 nih. Lo tau kan klo kill well terbatas sampai sore. Yasu, ud lah...akhirnya gw suruh segera sirkulasi 1xbtu(60-bbls). Dan gas-nya dibakar. Dgn pump rate 1.7-bpm.
Trus gw perhatiken, kok line outletnya aneh sih. Gw tanya ke toolpusher,'pak tlg jelasin skema line-nya'.
Gini, pak oki, jd line dari pump msk ke tubing, trus yang dari casing line-nya ke manifold pump baru ke arah poorboy separator dan dipisah utk gas ke flare, dan fluid-nya ke influx tank.
Gw bingung. Lho pak, berarti gas dari casing itu lewat manifold pump dulu baru dibakar,ya?
Iya.
Aduh...gimana toh,ya. Mana flarenya terbakar dgn gagahnya pula. Ntar klo ada kebocoran gas di line pompa dan msk ke mesin yg nyala apa gak hip2 horay tuh?!
Hayo, pak..matiken saja pump-nya. Trus ubah line-nya spy gak perlu balik ke manifold pump.
Trus sirkulasinya gmn, pak oki?
Ya terpaksa besok pagi. Tapi hrs pagi2 sekali lho, pak. Trus malem ini hrs mixing killing fluid sampe 9.6-ppg ya, pak.
Iya.

Huh..pegel gua. Tp hikmahnya...gua gak perlu witness malem ini huehehehe. Klo kill well-nya berhasil, maka malem ini hrsnya squeeze cementing. Asyik, bisa tidur.

Tapi hmm...stlh dihitung2 klo nyemen-nya besok, maka hmm..stlh WOC 12-hrs, lanjutin scrapper, oh no..nembaknya jam 3pagi besok lusa. Aaarrrggghhhh....

0 Comments:

Post a Comment

<< Home