Sunday, June 27, 2004

cita-cita saya: jadi penulis

Gua itu penulis yang moody abis.
Hmm..apa semua penulis juga gitu juga, ya?

Btw, karena gua kerja jd engineer di oil company yang tentu saja hubungannya ama tulis menulis adalah buat report, justifikasi masalah, analisa downtime, bikin makalah(klo sempet), and bla bla...
Boring, eh?!

Oleh karena itu, krn emang cita2 gua jd penulis, maka gua anggep bhw kerjaan gua jd engineer itu sebagai sampingan.
Gua jadiin pekerjaan yang semula membosankan itu spt: witnessing, preparing design program, etc. sbg suatu bahan tulisan gua.
Yang ringan-ringan aja.
Dan itu ternyata menyenangkan.
Malah bikin gua lebih semangat kerja.
Hehehe dasar.

Mencari bahan2 tulisan itu susah2 gampang.
Kadang muncul begitu aja ketika gua ngobrol ama tmn2 kntr ketika lagi makan siang. Wah, menarik tuh topik obrolannya hingga gua angkat sbg bahan tulisan.
Atau ketakutan gua ktemu cobra ketika pulang dari kntr yg hrs lewat jalan deket operator room ke arah mess, asyik juga utk diulas.
Dan pernah pas lagi witness di Halliburton cementing unit. Tau2 muncul ide begitu aja.

Salah satu memperkaya ide adalah juga dgn banyak baca.
Nah, ini baru asyik.
Tapi terkadang gua ini suka gak konsisten dalam membaca.
Dan gua bener2 kesal akan sifat gua ini. Karena sifat moody gua suka muncul di sini *always, u freak!*

Anyway, menulis adalah untuk dibaca.
Dan gua menulis dgn gaya bahasa gua yg gak jelas ini *hehe* utk milis atau di blogspot gua sendiri.
Sbnrnya asyik ya klo tau tulisan kita dibaca orang lain. Dan tau bhw org itu suka baca tulisan kita.
Tapi dengan ke-selfish-an gua ini, gua cukup puas membaca sendiri hasil tulisan gua.
Mngkn karena emang gua tipikalnya penyendiri kali, ya...
Jadi suka senyum2 atau ketawa2 gak jelas begitu baca tulisan sendiri di milis atau blogspot.
Hehehe...insane bener, yak?!

Gua sadar bahwa gua harus banyak belajar masalah bahasa. Baik itu sebagai ungkapan, majas, atau secara struktur.
Dan gua banyak belajar dari buku2 Umar Kayam, Pearl S. Buck, atau sarkastis-sinisme yang dimiliki John Grisham.
Gua masih haus utk belajar kepada yang lain.
Gua menyimpan kekaguman yang sangat besar kepada Korrie Layun Rampan, dan punya keinginan kuat utk banyak baca buku2nya.
Dan tentu saja Pramodeya, huh, gua harus mengatur waktu khusus untuk melalap habis buku2nya.

Tentang para penulis yang baru, tentu saja gak ketinggalan.
SuperNova adalah buku wajib. Atau permainan kata Ayu Utami di buku2nya. Dan malah yg bikin surprise adalah: salah satu objek tulisan Ayu Utami ternyata engineer logging yg sering job bareng gua!
Gua sekarang lagi berusaha memahami isi buku Djenar Maesa Ayu yang banyak menggunakan metafora untuk tokoh2 di bukunya. Luar biasa.

Sama sekali dibenak gua gak ada keinginan untuk bisa menjadi seorang penulis seperti mereka. Enggak.
Gua cuma pingin menulis dengan baik.
Dan mudah dipahami oleh yang lain.

So, what are you waiting for, pinHead??
Hehehe..

0 Comments:

Post a Comment

<< Home