Wednesday, August 04, 2004

Lightning never strikes twice (ndak berlaku di Kaji)

Sbnrnya gua pingin isi blog gua bukan tentang pekerjaan aja.
Tp karena kmrn ada peristiwa cukup menarik, jd ya terpaksa kali ini gua mau bahas kerjaan (again).

Seperti biasa sebelum gua melakukan job perfo, gua lihat dulu reference GR-CCL nya.
Ternyata casing collar di sana bener2 seragam. Gak ada bedanya sama sekali *even 0.5-ft*
Old perfo pun ud kita squeeze sblmnya, dan TOC akhirnya pasti harus percaya ama tally tubing *and FYI, we can't trust this actually*
Jadinya gua mengusulkan untuk run gamma ray utk mastiken sekali lagi. Dudi juga setuju.
Cuma ali yang enggak mau. Dia bersikeras mau nge-tag TOC sbg patokan *dgn gun gitu loh*.
Tapi karena dia sorenya bakalan brgkt ke soka, omongannya jelas gak gua dengerin. Lagipula yg incharge bakalan gua ama dudi ntar.

Oke, kita run GR-CCL. Korelasi si Aan yg incharge *sekalian belajar*
Tp kok waktu korelasi, logging engineer nya ngerasa ada yang aneh dgn log reading nya.
Soalnya banyak peak yang bisa diambil, tapi kok gak ada yg sama dan terkesan aneh.
So, gua ama dudi lsg ke logging truck begitu tahu keliatannya ada masalah.
Dan emang bener si sofuan nya. Log reading-nya gak meaning sama sekali.
Krn pernah pengalaman salah sumur (hiks...ama gua pula), sofuan pingin liat file rimbabat yang lain.
Selain itu, dudi juga penasaran lihat titik koordinatnya. Setelah baca titik koordinat di header-nya log schlumberger, dudi ngeluarin kompas nya *thanks, lord*....
And u know what, koordinatnya beda!
Huaa...gua segera balik ke kntr utk cari file rimbabat yg lain bersama sofuan, dudi, dan aan.
Pas sampe kntr, kebetulan pula ada file rimbabat-04 tergeletak di meja gua *gua emang lg ngerjain programnya*
And.....log reading nya persis banget!!
Lemes gua. Apalagi wkt dudi buka wellfile dan liat peta lokasi drilling nya jaman dulu, and bener2 confirm bhw kita salah msk sumur.
Yang satu di seberang sungai, dan yang satu enggak.
Trus gua cari data peta yg gua kasih ke operation, ternyata beda!
Wah2 naik darah dong gua, abis itu peta gua dapet dari org survey. Dan ini pengalaman salah sumur gua yang kedua *huhuhu kok sayah terus seh??*

And then, we consult this case with depthead gua dan depthead operation *maap pak, ngebangunin*. Dan melakukan tindakan cepat secukupnya.
Yang bikin gua bingung banget adalah kita udah melakukan squeezed di old perfo yang harusnya kita lakukan test dulu sesuai WRR nya andhy.
Selesai melakukan consult gua ama dudi masuk porta dan ngeliat arloji. Huaa...jam 5 kurang. Gila. Bakalan gak tidur, krn jam 8 kan kita tel-con.
Apalagi gua dan dudi memutuskan utk melakukan japri tel-con dgn suneo sblm tel-con bareng2 utk mengadakan penjelasan secara ke-wows-an *dan mengurangi beban kemarahan di dpn umum hehe*.

Yang ada seharian itu kita lemes banget krn semaleman gak tidur.
Masalah siapa yg hrs take responsible, gua gak bs jelasin di sini krn hrs di secret lah.
Tp juga banyak faktor yang saling lempar2an itu yg bikin susyeh.
Si A gak mau disalahin, si B juga, apalagi si C.
Aaarrggghhh bete!!!

0 Comments:

Post a Comment

<< Home