Friday, February 15, 2008

buka usaha (?)

gua akuin jaman kecil dulu keluarga gua gak punya banyak duit.
hidup kita wkt itu standar. sama sekali jauh dari mewah.

Jadi pas sekrg gua ud kerja dan punya duit sendiri, gua mempergunakan semaksimal mungkin utk bersenang2.
gua beli mobil. bagusin kamar. perbaiki fasilitas spy gua bs liat tv asing & internetan sepuasnya.
rasanya uenaakk buanget.

gua juga beli pakaian yang bagus (bagus means branded). dan segala hal yg gak pernah gua bayangin dulu.

dan mendadak gua disadarkan kenyataan : "mau sampe kpn kyk gini?"
Gmn perencanaan pensiun lo dan segala macem.
Gmn klo terjadi apa2 [mis.jobless] dan bla bla bla.

Akhirnya gua sadar bhw gua harus mulai membenahi hidup gua.
Gua hrs bs melakukan pemilihan kebutuhan.
Mulai berpikir utk menabung. Dan investasi.

Tp sbnrnya hal itu dilihat lebih jauh.
Gmn klo tiba2 company gua bangkrut dan gua hrs dipecat?
Apa yang akan gua lakukan?

Sejauh ini sih utk masalah keuangan, gua berpikir gua masih bs memanfaatkan keahlian gw.
Gua masih bs ngajar matematika (gw msh punya keahlian utk itu).
Gua bs jd supir taksi.
Atau jd pelayan toko.
Gua masih it's ok kok dgn itu semua. Hal tsb gak bikin gua minder.
Maka dari itu gua mencoba intropeksi diri sekrg.
Untuk tidak sombong. Tidak takabur.
Shg klo roda diputar di bawah ya gpp.

Tapi akan lebih baik klo gua mempersiapkan itu semua dari awal.
Agar gua gak terlalu tergantung ama gaji gw.

Menilik itu satu2nya jalan ya gua hrs punya usaha y.
Tapi usaha apa?
Well...yang gua pikirkan sekrg sih : toko buku atau cokelat.
Alasannya : krn gua suka ngeliatnya.
Hahaha. Gak ekonomis bgt pikiran gua.

Sbnrnya yg usaha yg baik itu adalah usaha mengenai hal2 yg sdg diminati org/konsumen.
spt makanan/resto. atau dagang dvd bajakan. atau paling gampang ya buka warnet.

tp gua juga mulai berpikir gmn klo buka travel agent.
Kan enak tuh klo mau pergi2 kan bs gak repot:p

gua sih rencananya sementara ini ngumpulin duit di tabungan.
Buat emergency account.
investasi di emas dan dollar.
dan main di reksadana dulu.
Baru mikir buka usaha.

2 Comments:

Blogger Paulus said...

modal? itu syarat no 16
jenis usaha? itu syarat no 34
kesempatan? itu syarat no 8
pengalaman keluarga? itu no 63
koneksi? itu no 11

yang nomer 1,2,3 apa?
jawabnya : NIAT, NIAT dan NIAT !!!
(*hetty koes endang mode on)

8:22 AM  
Blogger okiMy said...

Hahaha. Bisa aja lo, pras

8:12 PM  

Post a Comment

<< Home